Sunday 5 July 2009

KEINSYAFAN

Keinsyafan artinya sadar akan kekhilafan dan kekeliruannnya selama ini, serta bertekad akan memperbaiki atau merubahnya. Insyaf ialah mengembalikan hak orang tanpa merugikan orang lain dan dengan tangan keadilan serta siasat yang utama. Insyaf dan adil adlah saudara kembar. Orang yang tidak insyaf berarti kehilangan keseimbangan diri.

Jika kita insyaf akan menimbulkan ketenggian energi dan lepas rasanya beban tanggungan, dengan memperoleh kemuliaan dan menjauhi kerendahan. KeInsyafan adalah perkembangan dan keadilan adalah pembuahan, kembang dan buah, jadikan seimbang dan selaras, ada bunga tentunya ada buahnya, ada usaha tentunya juga ada keberhasilan. Oleh karena itu di katakan bahwa :

" Wajib atas siapa saja yang dikuasai Allah SWT menangani urusan negara dan hamba-hamba-Nya agar mampu menguasai dirinya, meninggalkan hawa nafsu angkara murka, menahan amarah, mengenyahkan kezaliman, mengutamakan keadilan pada saat senang atau marah dan menenangkan hak secara sembunyi maupun terang-terangan."

Begitulah keterangan saya tentang Keinsyafan, setidaknya jadi bahan bacaan anda sekalian ataupun wacana sekedar untuk dibaca juga tidak masalah. Mari bersama-sama kita cari hal tersebut diatas yang sudah saya terangkan.oke

No comments:

Post a Comment